Cara Mudah Perawatan Harddisk


Ternyata, selain kita harus mengetahui bagaimana cara mempergunakan dan memperdayakan sebuah Harddisk, kita pun di tuntut untuk merawat dan menjaga kemampuan Hardisk tersebut. Untuk itu apa saja yang perlu kita ketahui tentang cara pemakaian Hardisk yang sempurna sehingga mengurangi efek-efek yang dapat merusak sector dari disk tersebut.

Berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang harus kita ketahui, anrata lain :

1. Membersihkan Sampah File (Junk File)

    Ini merupakan serangkaian file yang sudah tidak berguna lagi atau yang tidak diperlukan dalam pengoperasian Windows, seperti file temporary,old file dan recent file. Sehingga apabila tidak dibersihkan akan mengurangi space pada hardisk dan kinerja harddisk pun akan melambat, seiring dengan banyaknya file-file sampah tersebut.

    Cara membersihkan sampah file tersebut, kita dapat menggunakan program bawaan system windows xp yaitu Disk Cleanup.

    Pilih Star >All Program > Accesoris > System Tool > lalu Disk Cleanup, pilih drive yang akan di bersihkan klik OK.

    Adapun cara yang lain yang sering dipergunakan adalah dengan menghapus secara otomatis pada saat windows di mulai, yaitu dengan cara membuat file batch. Buka file autoexec.bat yang terdapat pada root-directory C : dengan notepad. Lalu ketik dibaris terakhir, perintah : Del c:\Windwos\Temp\*.TMP dan simpan file tersebut. File yang bersifat sampah bukan hanya yang berektension TMP, tetapi juga OLD, BAK, CHK, SIK juga merupakan serangkaian file sampah yang terdapat pada Harddisk. Bisa juga dengan menggunakan program bantuan software SYSTEM MECHANIC.

    2. Membuang Program yang tidak dipergunakan.

      Kita jangan selalu memasukan banyak program kedalam Harddisk, apabila kita mempunyai Harddisk yang minim. Usahakan selalu untuk mengUnistall program yang benar-benar tidak kita pergunakan lagi dalam pemakaiaan keseharian. Dengan hanya mengklik remove maka program yang terpasang pada harddik akan terlepas dari rangkain system.

      3. Melakukan Defragmentasi Harddiskdefrag

        Tujuan dari melakuan Defrag adalah untuk mengoptimizekan akses harddisk. Ketika kita menginstal sebuah program, file-file tersebut memang masuk pada harddisk, akan tetapi dalam penempatan lokasinya tidak teratur susunanya.Oleh karena itu saya menyarankan, apabila PC atau Laptop yang kita miliki di pergunakan dengan intensitas yang tinggi (dalam artian pemakaian setiap harinya) maka perlu melakukan Defrag setiap 2-3 minggu sekali. Karena setiap kali kita mempergunakan PC/Laptop maka susunan file akan berantakan disebabkan aktifitas yang dilakukan. Dengan melakukan Defrag secara teratur sesuai dengan intensitas pemakaian, maka dapat memperpanjang usia sebuah harddisk tersebut diluar dari kerusakan secara fisik seperti terjatuh atau terbakar.

        Demikian Tips yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu.

        Tinggalkan Balasan

        Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

        Logo WordPress.com

        You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

        Gambar Twitter

        You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

        Foto Facebook

        You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

        Foto Google+

        You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

        Connecting to %s

        %d blogger menyukai ini: