Asyiknya Berselancar Lewat Buku Elektronik


Banjarmasin Post – Menyimpan dan mengoleksi banyak buku tentu membutuhkan rak-rak yang banyak diruangan perpustakaan pribadi yang luas. Namun kemajuan teknologi membuat banyak lagi menyimpan buku di ruangan perpustakaan secara manual, karena semua ‘buku’ terdata rapi di dalam computer.

Buat yang gemar membaca, pasti pernah mengalami masalah kehabisan tempat menyimpan buku. Makin banyak buku kita dan tebal-tebal, makin besar pula tempat penyimpanannya. Kalau tidak percaya, lihat saja keperpustakaan atau took buku. Penuh dengan rak tinggi berisi buku.Ebook

Bagaimana dengan buku elektronik ? Tentu saja sangat irit tempat, karena gudang penyimpanannya ada dalam harddisk computer. Makin besar kapasitas harddisk yang kita punya, makin banyak juga isi buku yang bisa di simpan. Bayangkan saja, semua buku manual selama ini di buat dari bahan kertas. Dan kita tahu kertas itu sendiri dibuat dari bahan kayu pohon. Makin banyak produksi buku, tentu makin banyak juga pohon yang ditebang. Makin banyak hutan yang gundul karena kebutuhan penerbitan buku. Ketika penerbitan buku Harry Potter seri ke-5 di Kanada memutuskan memakai 100% kertas daur ulang, mereka membatalkan penebangan 39.200 pohon !!! Bukan main efisiensinya.

Bisa di banyangkan betapa banyak pohon telah ditebang untuk membuat seluruh buku yang pernah ada di dunia. Apakah berarti buku punya andil terhadap makin hilangnya hutan dunia ? Itu baru dari kebutuhan membuat saja. Belum termasuk gundulnya hutan karena kebutuhan membuat jendela, pintu, kayu-kayu kusen rumah, segala kebutuhan membangun rumah hunian.

Sebaliknya, sekarang berapa pohon yang ditebang untuk membuat eBook alias buku elektronik? Jelas tak satu pun batang pohon yang di korbankan untuk itu. Buku elektronik tidak di buat dari pohon atau juga tumbuhan, karena semua data buku tersimpan dalam perangkat computer. Singkat cerita, demi pelestarian hutan, marilah makin membudayakan eBook.

Satu Tanggapan

  1. salam damai
    yang aneh2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: